20140805

Cerita Dulu



Assalamualaikum.. hehe

Kabar gembira untuk kita semuaaaaa hahaha gakdeh.
Apa kabar semuanyaaa?
Udah lama banget nih ga nulis di blog lagi bahkan hampir lupa kalo punya blog :D *dan sempet ngutak-atik email karena lupa pass*

Nulis di blog itu ternyata ngangenin ya. Inget jaman-jaman dulu tuh kalo abis main seharian, ada cerita yang seru, ada cerita sedih pasti pulangnya langsung nge blog. Gapeduli udah kemaleman malah bisa sampe begadang.
AAAAH kalo ngomongin jaman dulu tuh…..hahahaha banyak banget mengesankannya. Terutama pas masa-masa Sekolah.

Waktu SMP, gue sekolah di MTsN 4 Jakarta, madrasah gitu. Jadi gue mau berbagi pengalaman sekolah disana.

Masuk situ sebenernya ga direncanain banget, tapi waktu itu tes untuk masuk sana lebih dulu dari tes masuk negri. Dulu sih ga pusing mikirin mau sekolah dimana karena emang ga kenal sama smp apa-apa. Alhamdulillah tes MTs masuk dan mutusin buat langsung diambil. Waktu itu dari SDI ada Farah& Fidhi juga, mereka itu yang selalu peringkat 1&2 selama SD dan berhasil selalu bikin gue diperingkat ke-3. Pokoknya kayak gaada yang ngalahin kekuatan srikandi kembar ini haha.
Pengalaman pertama masuk MTs nih... Inikan pengalaman pertama kali di MOS (Masa Orientasi Siswa) ya, jadi baru tau ada kayak gini-ginian. Luar biasanya lagi MOS di sana tuh ribeeet asli. Selama 1 minggu full kita tuh ga pernah ngelewatin 1 menit pun buat santai-santai pokoknya penuh sama kegiatan. Yang paling diinget adalah di hari-hari akhir kita dikasihin ke abri buat dilatih baris-berbaris, panas, siang-siang dan si abri pake marah-marah.

Dan ini beberapa hal yang bikin kangen dari MTs 4:

Peraturan super ketat. Masuk jam setengah 7 dan pulang abis Ashar. Pokoknya ga boleh telat sama sekali. Kalo telat tuh ada hukumannya bisa dijemur sambil baris, bisa juga di jembreng di tengah lapangan sambil ngafalin ayat. Hampir tiap pagi kepala sekolah kita waktu itu, Pak Admiral nungguin di depan gerbang kalo gak duduk di pendopo/saung sambil baca Koran kayak siap buat nerkam yang pada telat-telatan. Kalo gue Alhamdulillah selama sekolah disana ga pernah telat sekalipun karna udah biasa dari SD masuk jam 7 pulang jam 4.
Kita juga gak boleh bawa HP berkamera. Sebenernya sih kalo ga ketauan gapapa ya hehe. Tapi guru BP tuh ga suka deh kalo ada murid nya yang bawa HP berkamera untuk hindarin berbuat yang macem-macem plus ngeri-ngeri kalo misal nanti ilang di sekolah. Tapi rata-rata sih kalo udah lama sekolah udah ga takut bawa HP segala macem sampe bawa komik juga.

Baju seragam ngejreng. Baju seragam kita emang ngejreng-ngejreng dan gonta-ganti tiap hari. Senin pake seragam putih-putih. Selasa putih-biru-rompi kotak. Rabu hijau-hijau. Kamis biru-biru. Jumat baju muslim biru-putih. Sabtu seragam pramuka/ekskul. Plus buat yang perempuan kerudung renda hijau&biru selang seling dari hari senin dan ada hukum makruh buat pake bergo/jilbab kecuali pas olahraga. Dan yang wajib lagi gesper dari MTs ga boleh ketinggalan.  Waktu masih jadi anak baru kita bahkan punya sepatu yang seragam 2 pasang warna putih sama hitam merk dallas dan itu wajib dipake sama anak baru pokoknya sampe sepatunya jebol haha.

Upacara. Upacara tuh emang ngebosenin kan? Tapi jangan coba-coba berisik pas upacara di MTs kalo gamau ditegur trus disuruh maju ke depan mimbar. Kalo ada guru yang mergokin murid ngobrol pas upacara pasti langsung ditunjuk-tunjuk dan di depan barisan ditegur sama guru/kepsek lalu siap diomelin mereka pas pake mic. Paling abis upacara selesai langsung dihukum atau nanggung malu lah sedikit.

Kantin.  Sebenernya gue selama 3 tahun sekolah disana tuh jarang banget makan dikantin. Baru mulai-mulai pas udah kelas 3 aja. Kalo sebelum-sebelumnya lebih suka makan dikelas sambil dengerin dari speaker kelas lagu si Alif Kecil berkumandang. Penjual di kantin itu udah akrab banget sama murid-murid mulai dari tukang es namanya Bojes, Mie goreng namanya Mas Jum dll *bilang aja lupa :p*. Yang lucu itu pas temen gue bercandain tukang roti yang ngejemur keju di atas gerobak seng. Entah deh yang dipikirin mbak kantin tuh apa tapi tau ada cerita itu bikin ngakak banget.

Belajar Agama. Namanya juga madrasah ya pasti belajar agamanya macem-macem. Maksudnya tetap Islam kok hehe tapi dibagi-bagi jadi Qur’an Hadits, Fiqih, SKI, Muhadatsah, Bahasa Arab, Tahfidz, Akidah Akhlak. Tapi pelajaran-pelajaran ini yang ngena banget dan seru. Walaupun gue SDI tapi ga ada pembagian pelajaran kayak gini cuma ada Agama Islam aja. Belajar Qur’an Hadits waktu itu inget pas diajarin pak Mar’Ali. Kalo belajar Fiqih itu asik banget sama Pak Sule, orangnya baik, lembut, idola remaja. Kalo SKI itu tentang kebudayaan Islam, kebayang kan kita belajar sejarah Islam yang segitu banyak, belajar Dinasti Abbasiyah, Umayah dll yang asli bikin pusing. Dan salah satu pelajaran yang gue suka itu Tahfidz tentang menghapal alqur’an, diajarin sama Pak Hendi, biasanya kita pas masuk ngobrol-ngobrol dulu sebentar baru deh maju hapalan mengahadap si bapak satu persatu. Tahfidz itu untuk ngafalin alqur’an di juz 30.

Hafalan. Hafalan Qur’an selama 3 tahun sekolah itu banyaaaak banget. Yang paling menarik itu waktu kita harus ngafal surat An-Naba, An-Naziat, Ab-Basa dan Al Waqiah dengan terjemahannya pake bahasa Inggris. Trus biasanya sebelum zuhur berjamaah kita baca surat-surat itu di masjid dipandu sama guru, pernah juga yang udah hapal surat-surat plus terjemahannya itu dipanggil maju di depan masjid buat baca pake mic. Selain itu juga hapalan juz 30 dan hapalan itu harus sampe tuntas buat syarat penilaian tahfidz.

Segitu banyak peraturan disana malah banyak juga yang ngelanggar. Telat sih tetep aja banyak yang telat. Apalagi pas masuk waktu zuhur sama ashar berjamaah, itu sering dan banyak banget yang masih pada keliaran di luar masjid trus jadi sasaran dikejar-kejar guru biar langsung cepet pada ke masjid. Ada juga cewek-cewek yang males kalo sholat ashar jamaah atau sholat duha jamaah pas pagi pura-pura menstruasi dan pake softex biar gak kena razia guru haha.

Dan di MTs ini gue bisa dapet Temen-temen super. Disinilah gue kenal Elita, Laily, Acho sama Cece. Elita sama Laily ini temen dari kelas 7, Acho sama Cece temen mereka waktu kelas 8. Pokoknya kita jadi deket banget dan biking geng juga haha. Kalo bercanda sama mereka ga bisa biasa. Dulu kita pernah ngefans sama Nidji dan nonton konsernya sampe rela-relain nyasar pas pergi ke basecamp. Trus pernah juga pulang sekolah nyoba ke studio musik main musik asal-asalan eh malah kaki belepotan pas nyoba main drum. Kita juga sering banget jalan dan pernah jadi penghuni tetap margo dan anak malam yang pulang jam 11an. Alhamdulillah kebandelan kelas 8 lumayan menipis saat kelas 9 dan sampe kita lulus dan dapet SMA yang beda-beda (kecuali gue&Laily) dan sekarang kuliah yang makin berpencar. Semoga kita bisa keep in touch terus ya. Amin.